Pesan Ketaatan dalam Kitab Bidayatul Hidayah

Ranting NU Pelem Kertosono – Kegiatan rutin pengajian kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Ghozali kali ini KH  Achwan Syamsuri mengawali dengan sebuah hadist

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم : حُفَّتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُفَّتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Surga itu diliputi dengan hal-hal yang tidak menyenangkan, dan neraka itu diliputi hal-hal yang menyenangkan.”
(HR. Muslim IV/2174 no.2822, At-Tirmidzi IV/693 no.2559, dan Ahmad III/284 no.14062)

Kemudian beliau membacakan isi Kitab Bidayatul Hidayah dengan menyampaikan bahwa perintah Allah ada yang wajib dan ada yang sunah. Ibarat seorang pedagang, perintah Allah yang wajib merupakan modal po­kok perdagangan yang dengannya kita bisa selamat. Sementara perintah yang sunah merupakan laba yang dengannya kita bisa mendapatkan keuntungan atau meraih derajat mulia.

Nabi saw. bersabda, “Allah Swt. berfirman, ‘Tidaklah orang­-orang mendekatkan diri pada-Ku dengan melaksanakan apa yang Kuwajibkan pada mereka, dan tidaklah se­orang hamba mendekatkan diri padaku dengan amal­-amal sunah, sehingga Aku mencintainya. Jika Aku su­dah mencintainya, maka Aku menjadi telinganya yang mendengar, matanya yang melihat, lidahnya yang ber­bicara, tangannya yang memegang, dan kakinya yang berjalan.”

Engkau tidak akan dapat menegakkan perintah Allah, kecuali dengan senantiasa mengawasi hati dan anggota badanmu pada setiap waktu dan pada setiap tarikan nafasmu, dari pagi hingga sore.

Kegiatan pengajian ini rutin dilaksanakan setiap malam jum’at kliwon bertempat di Musholla Al Amin Jln Jambu Semanding Pelem Kertosono dengan dihadiri para pengurus ranting NU pelem beserta warga Nahdliyin yang dimulai setelah sholat isya’ hingga pukul 21.00 wib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat WA
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Selamat datang di website Ranting NU Pelem Kertosono.
Ada yang bisa kami bantu?